Jumat, 14 Agustus 2015

Alat Industri KImia (AIK)

Alat Industri Kimia adalah mata kuliah yang lebih menekankan pada dasar prinsip kerja suatu alat yang yang pada Industri Kimia.
Adapun beberapa alat Industri Kimia antara lain:
Ekstraksi adalah pemisahan satu atau beberapa bahan dari suatu padatan atau cairan dengan bantuan pelarut. Ekstraksi  juga merupakan proses pemisahan satu atau lebih komponen dari suatu campuran homogen menggunakan pelarut cair (solven) sebagai separating agen.
Cyclone separator adalah alat yang menggunakan prinsip gaya sentrifugal dan tekanan rendah karena adanya perputaran untuk memisahkan materi berdasarkan  perbedaan massa jenis dan ukuran.
Semua cara yang digunakan untuk memotong partikel zat padat dan dipecahkan menjadi kepingan – kepingan yang lebih kecil dinamakan size reductioatau pemecahan/ pengecilan ukuran.
Heat Exchanger (HE), adalah suatu alat yang memungkinkanperpindahan panas dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin.
Evaporator merupakan alat yang digunakan untuk memekatkan suatu larutan dengan cara menguapkan airnya. Sedangkan Vaporizeradalah alat yang digunakan untuk memekatkan suatu larutan dengan cara menguapkan cairan selain air.
6.  Pompa
Pompa adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui suatu media perpipaan dengan cara menambahkan energi pada cairan yang dipindahkan dan berlangsung secara terus menerus.

sumber : https://indrawibawads.wordpress.com/bahan-kuliah-teknik-kimia/alat-industri-kimia-aik/

5 komentar: